Kamis, 27 September 2012

LANJUTAN 1 RPP WADAH


Logo Lampung Selatan Baru
PEMERINTAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KALIANDA
LOGO BARU SMK N 2 KLD
PROGRAM STUDI AGRIBISNIS PRODUKSI SUMBERDAYA PERAIRAN

LAMPIRAN C
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN (RPP)
F.IK.7.5.1.b.-03

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran           : Wadah Budidaya
Kelas/Semester           : X/ 1 dan 2
Standar Kompetensi    : Membuat wadah Budidaya
Kompetensi dasar       : Mendesain wadah budidaya
Indikator                        : 1. Inventarisasi jenis-jenis wadah budidaya ikan
                                        2.Menentukan konstruksi wadah budidaya
Alokasi Waktu             :  4  X 45 menit


I.                    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat memahami hal hal yang berkaitan dengan :
1. inventarisasi jenis-jenis wadah budidaya ikan
            2. Menentukan konstruksi wadah budidaya

II.                   Materi Pembelajaran
  1. Jenis Wadah budidaya :
1.      Kolam
2.      Bak
3.      Akuarium
4.      Keramba jaring apung

  1. Konstruksi wadah budidaya
1.       Konstruksi kolam
2.      Konstruksi akuarium
3.      Konstruksi keramba jaring apung

III.                Metode Pembelajaran

a. Metode pembelajaran        : ceramah,tanya jawab, praktikum
b.Model pembelajaran           : Evaluasi tertulis ,diskusi kelompok, LKS

IV.                Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
·         Kreatif
·         Rasa ingin tahu
·         Disiplin
·         Mandiri
V.                  Langkah-langkah Kegiatan

a. Kegiatan Pendahuluan ( 5 menit)
Memberi motivasi tentang pentingnya pengetahuan tentang inventarisasi jenis-jenis wadah budidaya  ikan dan menentukan konstruksi wadah budidaya.
 
b. Kegiatan Inti  ( 30  x 35 menit)
a.      Jenis Wadah budidaya :
1.      Kolam
2.      Bak
3.      Akuarium
4.      Keramba jaring apung

b.      Konstruksi wadah budidaya
1.      Konstruksi kolam
2.      Konstruksi akuarium
3.      Konstruksi keramba jaring apung

c. Penutup
            Kesimpulan dari materi
            Evaluasi

VI. Alat/Bahan/Sumber Belajar
a.       Alat dan Bahan
Buku gambar, laptop, LCD

b.      Sumber Belajar
Gusrina. 2008. Budidaya ikan Jilid  I.  Dikdasmen. PT Macanan Jaya
             Cemerlang.

VI.                Penilaian

1.Teknik penilaian :    
Hasil diskusi kelompok
Evaluasi tertulis
               Praktikum
2.Bentuk instrumen :
Laporan kelompok
Soal essay
                LKS
           
3.Soal/instrumen

  1.  Sebutkan 3 sistem budidaya ikan yang biasa dilakukan ?
Jawaban :


a.      Tradisional/ekstensif, kolam yang digunakan adalah kolam tanah yaitu
kolam yang keseluruhan bagian kolamnya terbuat dari tanah
b.      Semi intensif, kolam yang digunakan adalah kolam yang bagian
kolamnya(dinding pematang  terbuat dari tembok sedangkan dasar kolamnya terbuat dari tanah
c.       Intensif, kolam yang digunakan adalah kolam yang keseluruhan bagian
 kolam terdiri dari tembok
Skor : 20

  1. Sebutkan jenis kolam berdasarkan proses budidaya nya?
Jawaban :
a.      Kolam pemijahan adalah kolam yang sengaja dibuat sebagai tempat perkawinan  induk ikan
b.      Kolam penetasan adalah kolam yang khusus dibuat untuk menetaskan telur ikan
c.       Kolam pemeliharaan benih adalah kolam yang digunakan untuk memelihara benih ikan sampai ukuran siap jual
d.      Kolam pemberokan adalah kolam yang digunakan untuk menyimpan induk ikan yang akan dipijahkan
Skor : 20

  1. Jelaskan macam-macam dari akuarium ?
Jawaban :
a.      Akuarium Umum diisi dengan berbagai jenis ikan dan tanaman air yang bertujuan untuk penghias ruangan
b.      Akuarium kelompok adalah akuarium yang menampung ikan yang sejenis/sekeluarga serta ditanami oleh tanaman air yang diperlukan oleh kelompok ikan yang di pelihara
c.       Akuarium sejenis digunakan untuk membudidayakan ikan air tawar dan laut dengan tidak memperhatikan unsure estetika dan dekorasi
d.      Akuarium tanaman adalah akuarium yang dominan berisi tanaman air, ikan dimasukkan ke dalam akuarium untuk sebagai penghias dan pemelihara tanaman
Skor : 20

  1. Sebutkan bagian-bagian dari kolam?
Jawaban :
a.      Pematang kolam
b.      Dasar kolam dan saluran
c.       Pintu air
Skor : 20

  1. Sebutkan perbandingan antara ukuran akuarium dengan ketebalan kaca
Jawaban



Tebal kaca (mm)
Panjang  akuarium (cm)
lebar akuarium (cm)
Tinggi akuarium (cm)
3
30
20
20
3
40
20
30
3
50
30
30
5
70
35
35
5
80
40
40
6
90
45
45
6
120
50
50
10
150
45
50
10
150
45
60
10
180
45
60
12
190
50
60
16
200
70
85
Skor : 20

Pedoman penilaian :
Jika penjelasan benar skor maksimum 20
Nilai akhir merupakan penjumlahan skor x 5 = 100

LEMBAR KERJA SISWA 1

Standar Kompetensi                : Membuat wadah Budidaya
Kompetensi dasar                   : Mendesain wadah budidaya
Kelompok                                           :
Nama anggota                                   :

I.                    Tujuan
 Peserta didik dapat mendesain kolam, akuarium dan keramba jarring apung

II.                Prasyarat
Peserta didik memiliki buku budidaya ikan jilid I sebagai referensi

III.             Alat dan bahan
-          Buku gambar
IV.             Metoda

1.      Peserta didik dibagi dalam 5 kelompok kerja
2.      Peserta menggambar dan membuat desain dari kolam, akuarium dan keramba jarring apung







V.                Hasil Dan Pembahasan
  1. Gambar pematang
  1. Gambar kemiringan dasar kolam
  1. Gambar saluran tengah/kemalir
  1.  Gambar pintu pemasukan dan pengeluaran air















  1. Gambar akuarium


  1. Gambar jarring apung

Pedoman Penilaian :
Aspek yang dinilai
Kriteria
Nilai
Hasil Kerja
B/C/K

Kedispilan


Kekompakan


Tanggung jawab


Kebersihan


Kerapihan


Nilai Rata-rata


Keterangan Nilai :
Baik        = 80 – 90
Gukup  = 70 – 79
Kurang            = < 69

Mengetahui,                                                               Kalianda  12  Juli 2012
Kepala SMKN 2 Kalianda                                            Guru Mata Pelajaran



Elita Sari, ST.MT                                                         Slamet Novianto, S.Pi, M.Si
NIP. 19661230 200003 2 002                         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar