![]() |
PEMERINTAH KABUPATEN LAMPUNG
SELATAN
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
NEGERI 2 KALIANDA
|
![]() |
PROGRAM
STUDI AGRIBISNIS PRODUKSI SUMBERDAYA PERAIRAN
|
LAMPIRAN C
|
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN (RPP)
|
F.IK.7.5.1.b.-03
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Wadah
Budidaya
Kelas/Semester : X/ 1 dan 2
Standar Kompetensi : Membuat wadah
Budidaya
Kompetensi Dasar : Melakukan
pembuatan wadah budidaya
Indikator : Peserta didik dapat membuat wadah
budidaya
Alokasi Waktu : 4 X
45 MENIT
I.Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat membuat wadah budidaya
II. Materi Pembelajaran
Pembuatan akuarium
III. Metode
Pembelajaran
a. Metode pembelajaran : ceramah,tanya jawab, praktikum
b.Model pembelajaran : Evaluasi tertulis ,diskusi kelompok,
LKS
IV. Pendidikan
Budaya dan Karakter Bangsa
·
Kreatif
·
Rasa ingin tahu
·
Disiplin
·
Mandiri
V.
Langkah-langkah Kegiatan
a.
Kegiatan Pendahuluan ( 5 menit)
Memberi motivasi tentang pentingnya keterampilan membuat
wadah budidaya
b.
Kegiatan Inti ( 30 x 35 menit)
Siswa melakukan praktek pembuatan
akuarium
c.
Penutup
Kesimpulan dari materi
Evaluasi
VI.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
a.
Alat dan Bahan
o
Kaca dengan ketebalan 5 mm
o
Lem kaca
o
Lakban
o
Pemotong kaca
o
Alat tembak lem
o
cutter
b.
Sumber Belajar
Gusrina.
2008. Budidaya ikan Jilid I. Dikdasmen. PT Macanan Jaya
Cemerlang.
I.
Penilaian
1.Teknik penilaian : Praktikum
2.Bentuk instrumen : LKS
LEMBAR
KERJA SISWA 2
Standar Kompetensi : Membuat wadah Budidaya
Kompetensi dasar : Mendesain wadah budidaya
Kelompok :
Nama anggota :
I.
Tujuan
Peserta didik dapat mendesain akuarium
II.
Prasyarat
Peserta didik memiliki buku budidaya ikan
jilid I sebagai referensi
III.
Alat dan
bahan
-
Kaca dengan ketebalan 5 mm
-
Lem kaca
-
Lakban
-
Pemotong kaca
-
Alat tembak lem
-
Cutter
IV.
Metoda
1.
Peserta didik dibagi dalam 5 kelompok kerja
2.
Letakkan lembaran kaca pada meja kerja, meja kerja harus
dalam keadaan datar dan bersih. Hal ini untuk menghindari terjadinya keretakan
kaca yang akan dipergunakan.
3.
Ukuran kaca yang akan dipotong ini disesuaikan dengan
bentuk akuarium yang akan dibuat. Dalam membuat potongan-potongan kaca
4.
Untuk memotong kaca gunakan alat pemotong kaca yang banyak
dijual di toko besi.
5.
Setelah kaca terpotong, bagian pinggir dari
potongan-potongan kaca harus dihaluskan dengan gerinda atau batu asahan karborondum.
6.
Lempengan kaca dirakit kemudian dilem dengan lem kaca dan
diberi lakban yang berukuran lebar 5 cm
7.
Akuarium dikeringkan minimal 24 jam
8.
Lakukan uji coba dengan mengisi air ke dalam akuarium
selama 24 jam dan dierhatikan apakah ada bagian yang bocor
9.
Untuk memperoleh akuarium yang rapih kemudian lem dibersihkan
dengan menggunakan cutter
V.
Hasil Dan
Pembahasan
Pedoman Penilaian :
Aspek yang dinilai
|
Kriteria
|
Nilai
|
Hasil Kerja
|
B/C/K
|
|
Kedispilan
|
|
|
Kekompakan
|
|
|
Tanggung jawab
|
|
|
Kebersihan
|
|
|
Kerapihan
|
|
|
Nilai Rata-rata
|
|
Keterangan
Nilai :
Baik = 80 – 90
Gukup = 70 – 79
Kurang = < 69
Mengetahui, Kalianda 12
Juli 2012
Kepala
SMKN 2 Kalianda Guru
Mata Pelajaran
Elita Sari, ST.MT Slamet Novianto, S.Pi, M.Si
NIP. 19661230 200003 2 002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar