RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PEMBESARAN

Di Susun Oleh :
Slamet
Novianto, S.Pi, M.Si
SMK
NEGERI 2 KALIANDA
PROGRAM TAHUNAN KEGIATAN BELAJAR
MENGAJAR
SMK NEGERI 2 KALIANDA LAMPUNG SELATAN
MATA
PELAJARAN : Pembesaran
PROGRAM
STUDI KEAHLIAN : Agribisnisnis Produksi Sumberdaya
Perairan
KOMPETENSI
KEAHLIAN : Agribisnis
Perikanan
BIDANG STUDI
KEAHLIAN : Agribisnis dan Agroteknologi
No
|
Tingkat
|
Semester
|
Standar
Kompetensi/Kompetensi Dasar
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
XI
|
III
|
Melakukan Pembesaran
Ø Merencanakan
kegiatan pembesaran
Ø Menghitung
padat penebaran
Ø Menebar
benih
Ø Memelihara
benih ikan
Ø Memantau
pertumbuhan benih ikan
Ø Memanen
benih
Ø Treacibility
|
16 x @ 45 menit
|
2
|
XI
|
IV
|
Mengestimasi Hasil Produksi
Ø Menjelaskan
cara sampling
Ø Melakukan
sampling
|
40
x @ 45 menit
|
Mengetahui,
Kepala SMK
Negeri 2 Kalianda Guru
Bidang Studi
Elita Sari,
S.T,M.T Slamet
Novianto, S.Pi, M.Si
NIP 19661230
200003 2 003
PROGRAM SEMESTER KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
SMK NEGERI 2 KALIANDA TAHUN PELAJARAN
2012/2013
MATA
PELAJARAN : Memproduksi Pakan Ikan
PROGRAM
STUDI KEAHLIAN : Agribisnis Produksi Sumberdaya
Perairan
KOMPETENSI
KEAHLIAN : Agribisnis Perikanan
TINGKAT/SEMESTER
: XI/ 3 dan 4
ALOKASI
WAKTU : 56 jam @ 45 menit
No
|
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu
|
Juli
|
Agts
|
Sept
|
Okt
|
Nov
|
Des
|
1.
|
Melakukan Pembesaran
Ø Merencanakan
kegiatan pembesaran
Ø Menghitung
padat penebaran
Ø Menebar
benih
Ø Memelihara
benih ikan
Ø Memantau
pertumbuhan benih ikan
Ø Memanen
benih
Ø Treacibility
|
16 jam @ 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
No
|
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu
|
Jan
|
Peb
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
1.
|
Mengestimasi Hasil Produksi
Ø Menjelaskan
cara sampling
Ø Melakukan
sampling
|
40 jam @ 45 menit
|
|
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Pembesaran
Kelas/ Semester : XI/III
Pertemuan ke 1 : Menyiapkan Wadah Pembesaran
Waktu : 6
x @ 45 menit
I.Standar Kompetensi : Melakukan Pembesaran
II.Kompetensi Dasar : Merencanakan Kegiatan Pembesaran
III.Indikator :
§ Disusun
tahapan kegiatan dalam bentuk rencana kerja meliputi jenis kegiatan dan waktu pelaksanaan yang dilengkapi
seluruh kegiatan dengan target dan hasil yang akan dicapai
§ Disepakati
waktu pelaksanaan oleh semua pihak yang terlibat dalam kegiatan dan dipersiapkan
peralatan untuk identifikasi aspek teknis sesuai dengan kebutuhan penggunaan
§ Dibuat
dan disiapkan format untuk mencatat data lapangan sebelum kegiatan dimulai
IV.Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat
:
1.
Menyusun tahapan kegiatan dalam bentuk rencana
kerja yang dilengkapi dengan target dan hasil yang akan dicapai.
2.
Menyiapkan peralatan untuk identifikasi aspek
teknis sesuai dengan kebutuhan penggunaan.
3.
Menyiapkan dan membuat format untuk mencatat
data lapangan.
V.Materi
Menyiapkan Wadah Pembesaran Ikan
Persiapan wadah bertujuan
untuk menyiapkan wadah pemeliharaan agar mendapatkan lingkungan yang optimal
sehingga ikan dapat hidup dan tumbuh dengan maksimal. Jenis-jenis wadah yang
dapat digunakan diantaranya kolam tanah dan keramba jaring apung. Sedangkan
peralatan yang digunakan dalam kegiatan pembesaran ikan di kolam tanah
diantaranya seser, ember, timbangan, saringan pakan, anco, waring, cangkul,
golok, meteran dan alat untuk mengukur kualitas air.
Penyiapan kolam pembesaran
ikan merupakan tahapan awal dalam kegiatan pembesaran ikan. Kegiatan tersebut
meliputi pengeringan kolam, pengolahan dasar wadah, pengapuran dasar kolam dan
pemupukan media budidaya.
Pengeringan
Dasar Kolam
Pengeringan
dan penjemuran dasar kolam dengan bantuan sinar matahari dan dapat di dukung
dengan pembakaran sekam. Proses pengeringan berlangsung kurang lebih selama 2
hari pada cuaca normal sampai permukaan dasar kolam mulai retak-retak dan masih
lembab tapi jangan sampai tanah menjadi berdebu karena dapat mengurangi
kesuburan tanah. Secara umum pengeringan tanah bertujuan untuk :
Ø
Mengoksidasi bahan organic yang terkandung dalam lumpur dasar
tersebut menjadi mineral (hara).
Ø
Menguapkan zat/bahan beracun pada tanah/ lumpur yang dapat
mengganggu kehidupan ikan.
Ø
Memutus/membunuh siklus hidup organism pengganggu yang terdapat
pada lumpur/ tanah.
Ø
Mempercepat proses dekomposisi bakteri pengurai.
Pengolahan Dasar
Kolam
Pengolahan
dasar kolam dilakukan setelah pengeringan dasar kolam selesai dilakukan. Tujuan
dari pengolahan dasar kolam
Ø
Agar tanah dasar menjadi gembur sehingga memungkinkan aliran
udara masuk ke sela-sela tanah sehingga proses oksidasi dapat berlangsung
dengan baik.
Ø
Membunuh organism pathogen yang masih tertinggal di lapisan
tanah.
Pengolahan tanah dapat dilakukan dengan cangkul, bajak dan
mesin traktor. Untuk mengurangi kandungan bahan organic di dasar kolam, lapisan
tanah dasar kolam di canngkul sedalam 5 – 10cm dan lumpur diangkat kemudian
dipindahkan ke pematang atau tempat lain di luar kolam.
Perbaikan
Pematang dan Pintu Air
Perbaikan
pematang dan pintu air bertujuan untuk mengembalikan fungsi komponen tsb yang
mengalami kerusakan setelah digunakan untuk proses produksi siklus terdahulu.
Ada kalanya kegiatan pengolahan dasar kolam mini diiringi dengan perbaikan
inlet dan outlet, perbaikan kemalir serta perbaikan pematang terhadap
kebocoran.
Pematang
kolam yang bocor harus segera diperbaiki dan di tutup dengan tanah (kolam
tanah) atau semen (kolam semen) tetapi apabila kebocoran cukup besar maka
sebaiknya pada tengah pematang yang bocor di gali kembali dan ditutup dengan
terpal. Pematang yang telah selesai diperbaiki kemudian dilanjutkan dengan
pembuatan kemalir yang posisinya di tengah kolam.
Cara
membuat kemalir ini seperti membuat saluran dengan cara menggali tanah dari
arah air masuk (inlet) menuju ke tempat pembuangan air (outlet) dengan lebar ±
30 cm dan tinggi 15cm sehingga menyerupai bentuk saluran. Kemudian dekat pintu
pengeluaran di buat kobakan dengan ukuran ± 60x60x25 cm. Tanah bekas galiannya
di ratakan ke seluruh dasar kolam. Kemalir dan kobakan ini mutlak harus ada
karena akan memudahkan pemanenan nantinya.
VI. Pendidikan Budaya
dan Karakter Bangsa
·
Disiplin
Ø
Tindakan yg menunjukkan perilaku tertib dan
patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
·
Kerja Keras
Ø
Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh
dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas serta menyelesaiakn tugas
dengan sebaik-baiknya.
·
Mandiri
Ø
Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung
pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
VII. Kegiatan
Pembelajaran
·
Kegiatan
Pendahuluan
Ø
Memberikan motivasi kepada siswa dengan
memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan tahapan awal dari kegiatan
pembesaran.
Ø
Mengungkap tujuan dari pembelajaran yang akan
dilakukan.
Ø
Memunculkan aplikasi kegiatan pembesaran dalam
kehidupan sehari-hari.
·
Kegiatan Inti
Ø
Menjelaskan macam-macam wadah yang dapat
digunakan dalam kegiatan pembesaran.
Ø
Menjelaskan cara menyiapkan wadah dan peralatan
sesuai dengan kriteria yang ditentukan.
Ø
Melakukan pembuatan rencana kerja
Ø
Melakukan pembuatan format rencana kerja
Ø
Membagi
kelompok dengan 3 – 4 siswa
Ø
Melakukan praktek dan mengisi job sheet
Ø
Siswa memperoleh konsep yang relevan
Ø
Guru membuat kesimpulan dengan menegaskan konsep
penting sesuai tujuan pembelajaran
·
Kegiatan
Akhir
Ø
Guru memberikan latihan soal
VIII.Model,Metode,Media dan Sumber Pembelajaran
·
Metode
Ø Metode
yang digunakan adalah kooperatif tipe STAD dengan metoda praktek
·
Media dan Sumber Pembelajaran
Ø Buku
Budidaya Ikan jilid 2,Gusrina
IX. Penilaian
·
Teknik Penilaian : Pertanyaan lisan dan tes
tertulis
·
Bentuk instrument : Pilihan jamak dan essay
·
Soal/ instrument
No
|
SOAL
|
KUNCI
|
1.
2.
3.
|
Agar mendapatkan lingkungan yang optimal sehingga ikan dapat tumbuh
dan hidup maksimal adalah tujuan dari :
a. Pengeringan
kolam
b. Pengolahan
dasar kolam
c. Menyiapkan
wadah pembesaran
d. Perbaikan
pematang
Alat- alat di bawah ini dapat di gunakan dalam kegiatan pembesaran
ikan ,kecuali
a. Seser
b. Ember
c. Anco
d. Tissue
Grinder
Pengeringan dasar kolam tidak boleh tanah sampai berdebu karena
a. Mengoksidasi
bahan organic
b. Menguapkan
zat beracun
c. Mempercepat
proses dekomposisi
d. Mengurangi
kesuburan tanah
|
C
D
D
|
Essay
Jelaskan tujuan dari pengolahan dasar kolam!
Jawaban Essay
Agar tanah dasar menjadi gembur sehingga memungkinkan aliran
udara masuk ke sela-sela tanah sehingga proses oksidasi dapat berlangsung
dengan baik.
Pedoman Penilaian
-
Pada pilihan jamak setiap jawaban yang benar
skornya 2 .
-
Pada essay skor maksimum adalah 4.
-
Nilai akhir adalah penjumlahan skor pilihan
benar salah dan skor perolehan essay.
Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 2 Kalianda Guru
Bidang Studi
Elita Sari
Slamet
Novianto, S.Pi, M.Si
19661230 200003 2 003
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapussangat bermanfaat pak, terimakasih. jika sekiranya bapak ingin berbagi RPP saya siap mengamalkan isinya pak :) mohon balas email.
BalasHapus