Kamis, 27 September 2012

LANJUTAN 1 RPP PAKAN ALAMI


Logo Lampung Selatan Baru
PEMERINTAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KALIANDA
LOGO BARU SMK N 2 KLD
PROGRAM STUDI AGRIBISNIS PRODUKSI SUMBERDAYA PERAIRAN

LAMPIRAN C
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN (RPP)
F.IK.7.5.1.b.-03

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran                       :  Pakan Alami
Tingkat/Semester                   :  X/1 dan 2
Standar Kompetensi                :  Mengidentifikasi Jenis-Jenis Pakan Alami
Kompetensi Dasar                   :  Membedakan Macam-Macam benthos
Indikator                                  :  Jenis-jenis pakan alami diidentifikasi sesuai buku
                                                   manual yang diberlakukan
Alokasi Waktu                         :  5 pekan (20 jam) @45 menit

I.                    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat           :
  • Memahami Peranan Bentos sebagai Pakan Alami
  • Mengenal Berbagai Macam Bentos di sekitar Teluk Lampung
  • Mengetahui daur hidup

II.                  Materi pembelajaran
Bentos sebagai salah satu jenis makanan Ikan
Mengenal jenis-jenis bentos di lingkungan sekitar
Tubifex sp

III.                Metode Pembelajaran
Ceramah
Presentasi
Diskusi / Tanya Jawab

IV.                Pendidikan budaya dan karakter bangsa
Kreatif
Rasa ingin tahu
Gemar membaca
Mandiri




V.                  Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan   :   Motivasi dan Diskusi

Kegiatan Inti   :      Menjelaskan Materi Pembelajaran dengan media
                              presentasi
Melakukan Praktek Laut Kunjungan ke Pantai Bagus
Mengidentifikasi Jenis-Jenis Plankton dengan Mikroskop di Laboratorium

Penutup     :     Tanya Jawab
                                          Pengisian Lembar Kerja
                                          Post test


VI. Alat/Media/Sumber Belajar
  1. Alat dan Bahan
                            Buku Pakan Alami dan Plankton
        Laptop, layar sebagai media presentasi
         Peralatan dan Bahan Analisa Laboratorium

  1. Sumber Belajar
      Gusrina. 2008. Budidaya ikan Jilid  2.  Dikdasmen. PT Macanan
      Jaya Cemerlang.
         
I.                    Penilaian

A.Teknik Penilaian
  • Kognitif            : Post tes
  • Afektif             :  Tanya Jawab
  • Psikomotorik   :  Keterampilan dalam identifikasi

B. Bentuk Instrumen   :           Essay Berstruktur

C. Soal / Instrumen     :
  1. Bagaimana Peranan Bentos dalam Agribisnis Perikanan?
Jawaban :
Bentos adalah organisme yang berada di dasar perairan misalnya cacaing tubifex merupakan pakan alami bagi ikan konsumsi dan ikan hias.
Skor : 20

  1. Di dunia ini terdapat berbagai jenis Bentos sebagai pakan alami ikan, Berikan beberapa contoh yang kamu ketahui yang sudah berkembang dan dibudidayakan !
Jawaban : Cacing Sutra (tubifex sp)
Skor : 20

  1. Jelaskan yang kamu ketahui tentang Tubifex
Tubifeks adalah cacing rambut yang mengandung nutrisi yang cukup tinggi untuk pertumbuhan dan perkembangan ikan
Filum   : Annelida
Kelas    : Oligochaeta
Ordo    : Haplotaxida
Famili  : Tubificidae
Genus  : Tubifex
Spesies            : Tubifex sp
Skor : 20

  1. Jelaskan yang kamu ketahui tentang moerfologi Tubifex
Jawaban :
Ciri khas yang sangat mudah dikenali tubuhnya berwarna merah kecoklatan karena mengandung haemoglobin, tubuh terdiri dari beberapa segmen antara 30 – 60 segmen,pada setiap segmen di bagian punggung dan perut akan keluar seta dan ujungnya bercabang dua tanpa rambut.  Bentuk tubuh agak panjang dan silindris mempunyai dinding yang tebal terdiri dua lapis otot yang membujur dan melingkar sepanjang  tubuhnya.
Skor : 20

  1. Jelaskan yang kamu ketahui tentang cara berkembang biak Tubifex
Jawaban :
Perkembanganbiakan tubifex dapat dilakukan dengan cara aseksual yaitu pemutusan ruas tubuh dan pembuahan sendiri (hermaprodith).  Induk tubifex dapat menghasilkan kokon dan mengeluarkan telur yang menetas menjadi tubifex yang mempunyai usia 40 – 45 hari.  Jumlah telur dalam setiap kokon antara 4 – 5.
Skor : 20

D. Skor Penilaian : Masing2 soal mempunyai bobot penilaian 20.

E. Nilai Akhir : 5 X 20 = 100



Kalianda, 12 Juli 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 2 Kalianda                                 Guru Bidang Studi


Elita Sari,S.T,M.T                                                       Slamet Novianto,S.Pi, M.Si
NIP 19661230 200003 2 003                                     19740816 200012 2 003
Logo Lampung Selatan Baru
PEMERINTAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KALIANDA
LOGO BARU SMK N 2 KLD
PROGRAM STUDI AGRIBISNIS PRODUKSI SUMBERDAYA PERAIRAN

LAMPIRAN C
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN (RPP)
F.IK.7.5.1.b.-03


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)

Mata Pelajaran           :  Pakan Alami
Tingkat/Semester       :  X/1 dan 2
Standar Kompetensi    :  Membudidayakan Pakan Alami
Kompetensi Dasar       :  Membuat kultur murni
Indikator                      :- Media tempat tumbuh pakan alami diidentifikasi sesuai
   buku manual yang berlaku
  -Volume dan jenis pakan alami didemonstasikan sesuai
    kebutuhan pemeliharaan larva
  -Pemupukan kultur pakan alami didemonstrasikan sesuai 
   dosis yang diperlukan
    Alokasi Waktu         :  4,5 pekan (18 jam) @45 menit


I.                    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat           :
  • Memahami Teknik Kultur Murni
  • Membuat Media Kultur Murni
  • Mengetahui jenis dan dosis pupuk
  • Memahami cara pemupukan
  • Mengetahui Persediaan Bibit Murni

II.                  Materi pembelajaran
Pengenalan kultur murni
Teknik Kultur dan Persediaan Bibit Murni
Jenis, dosis, dan cara pemupukan
Membuat media kultur murni

III.                Metode Pembelajaran
Ceramah
Presentasi
Diskusi / Tanya Jawab
Praktek Laut (pengambilan sampel plankton)
Praktek Laboratorium ( membuat media kultur murni)

IV.                Pendidikan budaya dan karakter bangsa
Kreatif
Rasa ingin tahu
Gemar membaca
Mandiri

V.                  Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan   :   Motivasi dan Diskusi

Kegiatan Inti   : Menjelaskan Materi Pembelajaran dengan media
                        presentasi
      Melakukan Praktek Laut Kunjungan ke Pantai Bagus
      (pengambilan sampel sebagai smulasi teknik kultur)
Membuat media kultur dan teknik inokulasi plankton ke dalam media kultur

Penutup     :     Tanya Jawab
                                          Pengisian Lembar Kerja
                                          Post test

VI.                Alat/Bahan/Sumber Belajar
a.Alat dan Bahan
                       Buku Pakan Alami dan Plankton
           Laptop, layar sebagai media presentasi
           Peralatan Praktek Laut
           Peralatan dan Bahan Analisa Laboratorium

b. Sumber Belajar
      Gusrina. 2008. Budidaya ikan Jilid  2.  Dikdasmen. PT Macanan
      Jaya Cemerlang.

                     
VII.              Penilaian

A.Teknik Penilaian
  • Kognitif            : post test
  • Afektif             :  Tanya jawab
  • Psikomotorik   :  Kegiatan Praktek Laut dan Analisa di Laboratorium (LKS)

B. Bentuk Instrumen   :           Essay Berstruktur

C. Soal / Instrumen     :
1)      Sebutkan kegiatan yang dilakukandalam budidaya fitoplankton ?
Jawaban:
1.      Persiapan wadah dan peralatan budidaya
2.      Penyiapan media budidaya
3.      Pemilihan bibit dan inokulasi bibit
4.      Pemeliharaan pakan alami
5.      Pemanenan
Skor : 20

2)       Sebutkan 3 tahapan kultur fitoplankton?
jawaban :
1.      Isolasi dan kultur murni di laboratorium
2.      Teknik kultur skala semi massal
3.      Teknik kultur skala massal
Skor : 20

3)      Apa yang dimaksud dengan Kultur Murni?
Jawaban :
Kultur murni adalah teknik kultur fitoplankton dalam skala laboratorium dilakukan alm ruangan tertutup dan ber AC, sumber cahaya yang digunakan adalah lampu neon TL dengan kekuatan cahaya 2000 – 8000 lux dan sumber aerasi menggunakan hi blower
Skor : 20

4)      Jelaskan yang kamu ketahui tentang Teknik Inokulasi / Kultur Murni !
Jawaban :
Metode kultur murni untuk memperoleh satu jenis fitoplankton (monospesies) dapat dilakukan dengan beberapa cara :
1.       Metode media agar
2.      Metode subkultur
3.      Metode pengenceran berseri
4.      Metode pipet kapiler
Skor : 20

5)      Jelaskan tentang Media kultur murni !
Media tempat tumbuhnya pakan almi sangat berbeda untuk setiap jenis pakan alami.  Jenis fitoplankton yang dibudidayakan pada perikanan laut adalah chlorella, tetraselmis, skeletonema costatum.  Dari ke pakan alami.  Jenis fitoplankton yang dibudidayakan pada perikanan laut adalah chlorella, tetraselmis, skeletonema costatum.  Dari ke jenis ini proses pembuatan media hamper sama, yang membedakan adalah jenis pupuk dan volume  media yang digunakan.
Skor : 20




D. Skor Penilaian : Masing2 soal mempunyai bobot penilaian 20.

E. Nilai Akhir : 5 X 20 = 100

LEMBAR KERJA SISWA 1

Standar Kompetensi                       :  Membudidayakan Pakan Alami
Kompetensi Dasar                           :  Membuat kultur murni
Kelompok                                           :
Nama anggota                                   :

I.                     Tujuan
 Peserta didik dapat mengambil sampel planton di perairan dan dapat mengkultur pakan alami dengan metode media agar

II.                  Prasyarat
Peserta didik memiliki buku budidaya ikan jilid II sebagai referensi

III.                Alat dan bahan
-          Plankton net
-          Ember
-          Tabung reaksi
-          Agar-agar
-          Hot plate
-          Air tawar
-          Pupuk NPK
-          Cawan petri
-          Baecker glass
-          Jarum ose

IV.                Metoda
1.       Peserta didik dibagi dalam 5 kelompok kerja
2.       Masing-masing kelompok menyiapkan plankton net
3.       Masing-masing kelompok mengambil 10 ember air kolam yang akan diamati plankton nya
4.       Masing-masing kelompok memasukkan satu persatu air dalam ember kedalam plankton net, air akan terbuang melalui kain planton net sedangkan plankton nya akan tertampung pada tabung yang terletak di bawah
5.       Setelah semua air dituangkan, tuangkan kumpulan planton ke dalam botol reaksi
6.       Siapkan beacker glass, 2 bungkus agar-agar dituangkan kedalam beacker glass, tambahkan dengan 1 liter air tawar
7.       Panaskan hot plate, letakkan beacker glass diatas hot plate
8.       Masukkan 10 m larutan pupuk NPK
9.       Aduk-aduk larutan agar hingga mendidih
10.   Tuangkan kedalam cawan petri dan tabung reaksi kemudian didinginkan hingga agar-agar mengeras
11.   Dengan menggunakan jarum ose. Sampel plankton dalam tabung reaksi diambil dengan cara mencelupkan jarum ose kedalam tabung berisi plankton
12.   Goreskan plankton yang melekat pada jarum ose  diatas media agar yang telah mengeras tadi dengan cara zig zag
13.   Tutup cawan petri dan tabung reaksi dalam keadaan terbalik
14.   Biarkan hingga koloni plankton tumbuh pada media agar selama 3 – 7 hari
15.   Amati koloni plankton yang tumbuh pada media agar dengan mikroskop dengan cara diambil preparat koloni dan diletakkan di kaca preparat
16.   Gambar koloni plankton yang ditemukan

V.                  Hasil Dan Pembahasan

DATA PENGAMATAN :

Keterangan
Beri tanda chek list (V)
ya
Tidak
Alat yang digunakan sesuai dengan prosedur


Metode yang dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan


Plankton telah berhasil diambil dari kolam sesuai prosedur


Media agar telah berhasil dibuat sesuai prosedur


Plankton telah dioleskan pada media agar sesuai prosedur


Koloni plankton telah tumbuh setelah 3 – 7 hari kemudian


Koloni plankton berhasil diamati melalui mikroskop


Plankton yang tumbuh telah digambar




















Pedoman Penilaian :
Aspek yang dinilai
Kriteria
Nilai
Hasil Kerja
B/C/K

Kedispilan


Kekompakan


Tanggung jawab


Kebersihan


Kerapihan


Nilai Rata-rata


VI.                Keterangan Nilai :
Baik                = 80 – 90
Gukup          = 70 – 79
Kurang          = < 69


Kalianda, 12 Juli 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 2 Kalianda                                                    Guru Bidang Studi


Elita Sari,S.T,M.T                                                                               Slamet Novianto, S.Pi, M.Si
NIP 19661230 200003 2 003                                                          





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar