Kamis, 27 September 2012

RPP PAKAN ALAMI


Logo Lampung Selatan Baru
PEMERINTAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KALIANDA
LOGO BARU SMK N 2 KLD
PROGRAM STUDI AGRIBISNIS PRODUKSI SUMBERDAYA PERAIRAN

LAMPIRAN C
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN (RPP)
F.IK.7.5.1.b.-03

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran                       :  Pakan Alami
Tingkat/Semester                   :  X/1 dan 2
Standar Kompetensi                :  Mengidentifikasi Jenis-Jenis Pakan Alami
Kompetensi Dasar                   :  Membedakan Macam-Macam Phytoplankton
Indikator                                  :  Jenis-jenis pakan alami diidentifikasi sesuai buku
                                                   manual yang diberlakukan
Alokasi Waktu                         :  6 pekan (24 jam) @45 menit


I.                     Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat           :
Memahami Peranan Plankton dalam Agribisnis Perikanan
Membedakan Phytoplankton, Zooplankton, dan Bentos sebagai Pakan Alami
Mengenal Berbagai Macam Phytoplankton di sekitar Teluk Lampung

II.                  Materi pembelajaran
Plankton di dunia perikanan
Keuntungan pakan alami disbanding pakan buatan
Jenis-Jenis plankton : (fitoplankton, zooplankton, benthos)
Pigmen/zat warna dalam fitoplankton
Pembagian fitoplankton berdasarkan pigmen

III.                Metode Pembelajaran
Ceramah
Presentasi
Diskusi / Tanya Jawab

IV.                Pendidikan budaya dan karakter bangsa
Kreatif
Rasa ingin tahu
Gemar membaca
Mandiri


V.                  Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan   :   Motivasi dan Diskusi

Kegiatan Inti   :      Menjelaskan Materi Pembelajaran dengan media
                              presentasi
Mengidentifikasi Jenis-Jenis Plankton dengan Mikroskop di Laboratorium

Penutup     :     Tanya Jawab
                                          Post test


VI.                Alat/Bahan/Sumber Belajar
a.       Alat dan Bahan
                            Buku Pakan Alami dan Plankton
        Laptop, layar sebagai media presentasi
         Peralatan dan Bahan Analisa Laboratorium

b.      Sumber Belajar
      Gusrina. 2008. Budidaya ikan Jilid  2.  Dikdasmen. PT Macanan
      Jaya Cemerlang.
                     
VII.              Penilaian

a.Teknik Penilaian
  • Kognitif            : Post test
  • Afektif             :  Tanya Jawab
  • Psikomotorik   :  Keterampilan dalam identifikasi


B. Bentuk Instrumen   :           Essay Berstruktur

C. Soal / Instrumen     :          

  1. Bagaimana Peranan Phytoplankton dalam Agribisnis Perikanan?
Jawaban :
Pakan alami adalah pakan yang dikonsumsi oleh mikroorganisme yang berasal dari alam. Yang memiliki beberapa keunggulan diantaranya sangat mudah dicerna oleh ikan, memiliki nilai gizi yang sangat lengkap, tidak menyebabkan penurunan kualitas air, menigkatkan daya tahan tubuh ikan, mudah ditangkap oleh ikan dan sesuai dengan bukaan mulut ikan.
Skor : 20

  1. Di dunia ini terdapat berbagai jenis Phytoplankton sebagai pakan alami ikan, Berikan beberapa contoh yang kamu ketahui yang sudah berkembang dan dibudidayakan !
Jawaban :
1.      Alga hijau (kelas Chlorophyceae) contohnya volvox, scenedesmus, hydrodiction reticulatum, spirogyra, oedogonium, ulva,chara, chlorella, tetraselmis
2.      Alga coklat (kelas Bacillariophyceae) contohnya chaetoceros calcitrans dan skeletonema costatum
3.      Alga keemasan (kelas Chrysophyceae) contohnya spirulina,
4.      Alga merah (kelas rhodophyceae)
5.      Alga Hijau kebiruan (kelas cyanophyceae)
Skor : 20

  1. Jelaskan yang kamu ketahui tentang Skeletonema costatum
Jawaban :
Skeletonema costatum memiliki cirri – cirri :
-          Bersel tunggal, berukuran 4 – 6 mikron
-          Mempunyai bentuk seperti kotak dengan sitoplasma yang memenuhi sel dan tidak memiliki alat gerak
-          Perkembangbiakan melalui pembelahan sel
Skor : 20

  1. Jelaskan yang kamu ketahui tentang Tetraselmis sp
Tetraselmis sp memiliki ciri-ciri :
-          Alga sel tunggal yang bergerak aktif
-          Mempunyai 4 buah flagella dan berukuran 7 – 12 mikron
-          Mempunyai kloroplas
-          Perkembangbiakan secara aswksual yaitu pembelahan sel dan seksual yaitu dengan bersatunya kloroplas dari gamet jantan dan betina
-          Hidup di perairan pantai atau laut dengan kisaran salinitas 27 – 37 permil.
Skor : 20

  1. Jelaskan yang kamu ketahui tentang Cholorella sp
Jawaban :
Chlorella sp memiliki ciri-ciri :
-          Alga sel tunggal
-          Bentuknya bulat atau bulat telur
-          Mempunyai kloroplas seperti cawan, dindingnya keras, padat dan garis tengahnya 5 mikron



-          Perkembangbiakan terjadi secara aseksual yaitu dengan pembelahan sel atau pemisahan autospora dari sel induknya
-          Habitatnya adalah tempat-tempat yang basah dan medianya mengandung cukup unsur hara seperti N, P, K dan unsur mikro lainnya (karbon, nitogen, fosfor, sulfur dll)
Skor : 20

D. Skor Penilaian : Masing2 soal mempunyai bobot penilaian 20.

E. Nilai Akhir : 5 X 20 = 100



Kalianda, 12 Juli 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 2 Kalianda                                 Guru Bidang Studi


Elita Sari,S.T,M.T                                                       Slamet Novianto,S.Pi. M.Si
NIP 19661230 200003 2 003                                    























Logo Lampung Selatan Baru
PEMERINTAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KALIANDA
LOGO BARU SMK N 2 KLD
PROGRAM STUDI AGRIBISNIS PRODUKSI SUMBERDAYA PERAIRAN

LAMPIRAN C
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN (RPP)
F.IK.7.5.1.b.-03

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran                       :  Pakan Alami
Tingkat/Semester                   :  X/1 dan 2
Standar Kompetensi                :  Mengidentifikasi Jenis-Jenis Pakan Alami
Kompetensi Dasar                   :  Membedakan Macam-Macam Zooplankton
Indikator                                  :  Jenis-jenis pakan alami diidentifikasi sesuai buku
                                                   manual yang diberlakukan
Alokasi Waktu                         :  6 pekan (24 jam) @45 menit


I.                     Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat           :
  • Memahami Peranan Zooplankton sebagai Pakan Alami
  • Mengenal Berbagai Macam Zooplankton di sekitar Teluk Lampung
  • Mengetahui daur hidup artemia

II.                  Materi pembelajaran
Zooplankton sebagai salah satu jenis makanan Ikan
Mengenal Artemia sp
Moina sp
Daphnia sp

III.                Metode Pembelajaran
Ceramah
Presentasi
Diskusi / Tanya Jawab

IV.                Pendidikan budaya dan karakter bangsa
Kreatif
Rasa ingin tahu
Gemar membaca
Mandiri



V.                  Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan   :   Motivasi dan Diskusi

Kegiatan Inti   :      Menjelaskan Materi Pembelajaran dengan media
                              presentasi
Mengidentifikasi Jenis-Jenis Plankton dengan Mikroskop di Laboratorium

Penutup     :     Tanya Jawab
                                          Pengisian Lembar Kerja
                                          Post test

VI.                Alat/Media/Sumber Belajar
a.      Alat dan Bahan
                            Buku Pakan Alami dan Plankton
        Laptop, layar sebagai media presentasi
         Peralatan dan Bahan Analisa Laboratorium

b.      Sumber Belajar
      Gusrina. 2008. Budidaya ikan Jilid  2.  Dikdasmen. PT Macanan
      Jaya Cemerlang.
         
VII.              Penilaian

A.Teknik Penilaian
  • Kognitif            : Post tes
  • Afektif             :  Tanya Jawab
  • Psikomotorik   :  Keterampilan dalam identifikasi

B. Bentuk Instrumen   :           Essay Berstruktur

C. Soal / Instrumen     :          

1)      Bagaimana Peranan Zooplankton dalam Agribisnis Perikanan?
Jawaban :
Zooplankton adalah organism air yang melayang-layang mengikuti pergerakan air dan berupa jasa hewani, jenis zooplankton biasa digunakan sebagai makanan larva ikan/udang/ikan hias dan sudah dapat dibudidayakan secara missal
Skor : 20

2)      Di dunia ini terdapat berbagai jenis Zooplankton sebagai pakan alami ikan, Berikan beberapa contoh yang kamu ketahui yang sudah berkembang dan dibudidayakan !
Jawaban :
Rotifera sp, Brachiopoda (artemia salina), Cladocera (moina sp dan Daphnia sp) dan infusaria (pharamaecium sp)
Skor : 20

3)      Jelaskan yang kamu ketahui tentang Artemia sp
Jawaban :
-          Telurnya berwarna coklat dengan diameter 200 – 300 mikron sedangkan pada saat dewasa berwarna kuning cerah
-          Perkembangbiakan dengan 2 cara yaitu parthenogenesis dan biseksual
-          Nauplius tubuh terdiri dari 3 pasang anggota badan yaitu antenula, antenna I yang berfungsi sebagai alat sensor dan antenna II  yang berfungsi sebagai alat gerak atau penyaring makanan dan rahang bawah belum sempurna
-          Artemia dewasa berukuran 1 – 2 cm dengan sepasang mata majemuk dan 11 pasang thoracopoda
Skor : 20

4)      Jelaskan yang kamu ketahui tentang Brachiounus sp
Jawaban :
-          Berwarna putih
-          Tubuhnya berbentuk seperti piala dam mempunyai panjang 60 – 80 mikron
-          Terliht coronanya dan terdapat buku getar yang bergerak aktif
-          Perkembangbiakan dilakukan dengan 2 cara yaitu secara parthenogenesis dan seksual
Skor : 20

5)      Jelaskan yang kamu ketahui tentang moina sp dan daphnia sp
Jawaban :
-          Berwarna merah karena mengandung haemoglobin
-          Bergerak aktif
-          Bentuk tubuh lonjong untuk dapnia dan membulat untuk moina
-          Perkembangbiakan secara sekual dan partenogenensis
Skor : 20

D. Skor Penilaian : Masing2 soal mempunyai bobot penilaian 20.
E. Nilai Akhir : 5 X 20 = 100

Kalianda, 12 Juli 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 2 Kalianda                                 Guru Bidang Studi


Elita Sari,S.T,M.T                                                       Slamet Novianto,S.Pi, M.Si
NIP 19661230 200003 2 003                                    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar