![]() |
PEMERINTAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KALIANDA
|
![]() |
PROGRAM STUDI AGRIBISNIS PRODUKSI SUMBERDAYA
PERAIRAN
|
LAMPIRAN C
|
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
(RPP)
|
F.IK.7.5.1.b.-03
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata
Pelajaran : Pakan Alami
Tingkat/Semester : X/1 dan 2
Standar
Kompetensi : Mengidentifikasi Jenis-Jenis Pakan Alami
Kompetensi
Dasar : Membedakan Macam-Macam Phytoplankton
Indikator : Jenis-jenis pakan alami diidentifikasi sesuai
buku
manual yang diberlakukan
Alokasi
Waktu : 6 pekan (24 jam) @45 menit
I.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
Memahami Peranan Plankton dalam Agribisnis
Perikanan
Membedakan
Phytoplankton, Zooplankton, dan Bentos sebagai Pakan Alami
Mengenal
Berbagai Macam Phytoplankton di sekitar Teluk Lampung
II.
Materi pembelajaran
Plankton di dunia perikanan
Keuntungan pakan alami disbanding pakan buatan
Jenis-Jenis plankton : (fitoplankton, zooplankton,
benthos)
Pigmen/zat warna dalam fitoplankton
Pembagian fitoplankton berdasarkan pigmen
III.
Metode Pembelajaran
Ceramah
Presentasi
Diskusi / Tanya Jawab
IV.
Pendidikan budaya dan karakter bangsa
Kreatif
Rasa ingin tahu
Gemar membaca
Mandiri
V.
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan :
Motivasi dan Diskusi
Kegiatan Inti
: Menjelaskan Materi
Pembelajaran dengan media
presentasi
Mengidentifikasi Jenis-Jenis Plankton dengan
Mikroskop di Laboratorium
Penutup : Tanya
Jawab
Post test
VI.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
a. Alat dan Bahan
Buku Pakan Alami dan Plankton
Laptop, layar sebagai media presentasi
Peralatan
dan Bahan Analisa Laboratorium
b. Sumber Belajar
Gusrina.
2008. Budidaya ikan Jilid 2. Dikdasmen. PT Macanan
Jaya Cemerlang.
VII.
Penilaian
a.Teknik Penilaian
- Kognitif : Post test
- Afektif : Tanya Jawab
- Psikomotorik : Keterampilan dalam identifikasi
B. Bentuk Instrumen : Essay Berstruktur
C. Soal / Instrumen :
- Bagaimana Peranan Phytoplankton dalam Agribisnis Perikanan?
Jawaban
:
Pakan
alami adalah pakan yang dikonsumsi oleh mikroorganisme yang berasal dari alam.
Yang memiliki beberapa keunggulan diantaranya sangat mudah dicerna oleh ikan,
memiliki nilai gizi yang sangat lengkap, tidak menyebabkan penurunan kualitas
air, menigkatkan daya tahan tubuh ikan, mudah ditangkap oleh ikan dan sesuai
dengan bukaan mulut ikan.
Skor :
20
- Di dunia ini terdapat berbagai jenis Phytoplankton sebagai pakan alami ikan, Berikan beberapa contoh yang kamu ketahui yang sudah berkembang dan dibudidayakan !
Jawaban
:
1.
Alga hijau (kelas Chlorophyceae) contohnya volvox,
scenedesmus, hydrodiction reticulatum, spirogyra, oedogonium, ulva,chara,
chlorella, tetraselmis
2.
Alga coklat (kelas Bacillariophyceae) contohnya
chaetoceros calcitrans dan skeletonema costatum
3.
Alga keemasan (kelas Chrysophyceae) contohnya
spirulina,
4.
Alga merah (kelas rhodophyceae)
5.
Alga Hijau kebiruan (kelas cyanophyceae)
Skor :
20
- Jelaskan yang kamu ketahui tentang Skeletonema costatum
Jawaban
:
Skeletonema
costatum memiliki cirri – cirri :
-
Bersel tunggal, berukuran 4 – 6 mikron
-
Mempunyai bentuk seperti kotak dengan sitoplasma
yang memenuhi sel dan tidak memiliki alat gerak
-
Perkembangbiakan melalui pembelahan sel
Skor :
20
- Jelaskan yang kamu ketahui tentang Tetraselmis sp
Tetraselmis sp memiliki ciri-ciri :
-
Alga sel tunggal yang
bergerak aktif
-
Mempunyai 4 buah flagella
dan berukuran 7 – 12 mikron
-
Mempunyai kloroplas
-
Perkembangbiakan secara
aswksual yaitu pembelahan sel dan seksual yaitu dengan bersatunya kloroplas dari
gamet jantan dan betina
-
Hidup di perairan pantai
atau laut dengan kisaran salinitas 27 – 37 permil.
Skor : 20
- Jelaskan yang kamu ketahui tentang Cholorella sp
Jawaban :
Chlorella sp memiliki ciri-ciri :
-
Alga sel tunggal
-
Bentuknya bulat atau
bulat telur
-
Mempunyai kloroplas
seperti cawan, dindingnya keras, padat dan garis tengahnya 5 mikron
-
Perkembangbiakan terjadi
secara aseksual yaitu dengan pembelahan sel atau pemisahan autospora dari sel
induknya
-
Habitatnya adalah
tempat-tempat yang basah dan medianya mengandung cukup unsur hara seperti N, P,
K dan unsur mikro lainnya (karbon, nitogen, fosfor, sulfur dll)
Skor : 20
D. Skor Penilaian : Masing2 soal mempunyai bobot
penilaian 20.
E. Nilai Akhir : 5 X 20 = 100
Kalianda, 12
Juli 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 2 Kalianda Guru Bidang Studi
Elita Sari,S.T,M.T Slamet
Novianto,S.Pi. M.Si
NIP 19661230 200003 2 003
![]() |
PEMERINTAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KALIANDA
|
![]() |
PROGRAM STUDI AGRIBISNIS PRODUKSI SUMBERDAYA
PERAIRAN
|
LAMPIRAN C
|
RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN (RPP)
|
F.IK.7.5.1.b.-03
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata
Pelajaran : Pakan Alami
Tingkat/Semester : X/1 dan 2
Standar
Kompetensi : Mengidentifikasi Jenis-Jenis Pakan Alami
Kompetensi
Dasar : Membedakan Macam-Macam Zooplankton
Indikator : Jenis-jenis pakan alami diidentifikasi sesuai
buku
manual yang diberlakukan
Alokasi
Waktu : 6 pekan (24 jam) @45 menit
I.
Tujuan Pembelajaran
Peserta
didik dapat :
- Memahami Peranan Zooplankton sebagai Pakan Alami
- Mengenal Berbagai Macam Zooplankton di sekitar Teluk Lampung
- Mengetahui daur hidup artemia
II.
Materi pembelajaran
Zooplankton sebagai salah satu jenis makanan Ikan
Mengenal
Artemia sp
Moina sp
Daphnia sp
III.
Metode Pembelajaran
Ceramah
Presentasi
Diskusi
/ Tanya Jawab
IV.
Pendidikan budaya dan karakter bangsa
Kreatif
Rasa ingin tahu
Gemar membaca
Mandiri
V.
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan : Motivasi dan Diskusi
Kegiatan
Inti : Menjelaskan Materi Pembelajaran dengan
media
presentasi
Mengidentifikasi
Jenis-Jenis Plankton dengan Mikroskop di Laboratorium
Penutup : Tanya
Jawab
Pengisian
Lembar Kerja
Post
test
VI.
Alat/Media/Sumber Belajar
a. Alat dan Bahan
Buku Pakan Alami dan Plankton
Laptop, layar sebagai media presentasi
Peralatan dan Bahan Analisa Laboratorium
b. Sumber Belajar
Gusrina.
2008. Budidaya ikan Jilid 2. Dikdasmen. PT Macanan
Jaya Cemerlang.
VII.
Penilaian
A.Teknik
Penilaian
- Kognitif : Post tes
- Afektif : Tanya Jawab
- Psikomotorik : Keterampilan dalam identifikasi
B. Bentuk Instrumen : Essay Berstruktur
C. Soal / Instrumen :
1) Bagaimana
Peranan Zooplankton dalam Agribisnis Perikanan?
Jawaban
:
Zooplankton
adalah organism air yang melayang-layang mengikuti pergerakan air dan berupa
jasa hewani, jenis zooplankton biasa digunakan sebagai makanan larva
ikan/udang/ikan hias dan sudah dapat dibudidayakan secara missal
Skor :
20
2) Di dunia
ini terdapat berbagai jenis Zooplankton sebagai pakan alami ikan, Berikan
beberapa contoh yang kamu ketahui yang sudah berkembang dan dibudidayakan !
Jawaban
:
Rotifera
sp, Brachiopoda (artemia salina), Cladocera (moina sp dan Daphnia sp) dan
infusaria (pharamaecium sp)
Skor :
20
3)
Jelaskan yang kamu ketahui tentang Artemia sp
Jawaban
:
-
Telurnya berwarna coklat dengan diameter 200 – 300
mikron sedangkan pada saat dewasa berwarna kuning cerah
-
Perkembangbiakan dengan 2 cara yaitu
parthenogenesis dan biseksual
-
Nauplius tubuh terdiri dari 3 pasang anggota badan
yaitu antenula, antenna I yang berfungsi sebagai alat sensor dan antenna
II yang berfungsi sebagai alat gerak
atau penyaring makanan dan rahang bawah belum sempurna
-
Artemia dewasa berukuran 1 – 2 cm dengan sepasang
mata majemuk dan 11 pasang thoracopoda
Skor :
20
4)
Jelaskan yang kamu ketahui tentang Brachiounus sp
Jawaban
:
-
Berwarna putih
-
Tubuhnya berbentuk seperti piala dam mempunyai
panjang 60 – 80 mikron
-
Terliht coronanya dan terdapat buku getar yang
bergerak aktif
-
Perkembangbiakan dilakukan dengan 2 cara yaitu
secara parthenogenesis dan seksual
Skor :
20
5)
Jelaskan yang kamu ketahui tentang moina sp dan
daphnia sp
Jawaban
:
-
Berwarna merah karena mengandung haemoglobin
-
Bergerak aktif
-
Bentuk tubuh lonjong untuk dapnia dan membulat
untuk moina
-
Perkembangbiakan secara sekual dan partenogenensis
Skor :
20
D. Skor Penilaian : Masing2 soal mempunyai bobot
penilaian 20.
E. Nilai Akhir : 5 X 20 = 100
Kalianda, 12
Juli 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 2 Kalianda Guru Bidang Studi
Elita Sari,S.T,M.T Slamet
Novianto,S.Pi, M.Si
NIP 19661230 200003 2 003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar