Kamis, 27 September 2012

LANJUTAN 2 RPP PAKAN ALAMI


Logo Lampung Selatan Baru
PEMERINTAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KALIANDA
LOGO BARU SMK N 2 KLD
PROGRAM STUDI AGRIBISNIS PRODUKSI SUMBERDAYA PERAIRAN

LAMPIRAN C
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN (RPP)
F.IK.7.5.1.b.-03

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran           : Pakan Alami
Tingkat/Semester       :  X/1 dan 2
Standar Kompetensi    :  Membudidayakan Pakan Alami
Kompetensi Dasar       :  Membuat kultur semi massal
Indikator                      : - Media tempat tumbuh pakan alami dipelajari sesuai
                                        buku manual yang berlaku
  -Volume dan jenis pakan alami didemonstasikan sesuai
   kebutuhan pemeliharaan larva
  -Pakan alami dikultur secara semi massal sesuai prosedur
   yang berlaku
Alokasi Waktu             :  4,5 pekan (18 jam) @45 menit

I.                     Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat           :
  • Membuat kultur skeletonema costatum dalam wadah berukuran 3 L
  • Membuat kultur skeletonema costatum dalam wadah berukuran 12 L
  • Memahami Jenis, dosis, dan cara pemupukan kultur semi masal

II.                  Materi pembelajaran
Teknik Budidaya Semi Masal Skeletonema costatum dalam wadah 3 L
Teknik Budidaya Semi Masal Skeletonema costatum dalam wadah 12 L
Jenis, dosis, dan cara pemupukan kultur semi masal

III.                Metode Pembelajaran
Ceramah
Presentasi
Diskusi / Tanya Jawab
Praktek Laboratorium Mengkultur Skeletonema costatum semi masal

IV.                Pendidikan budaya dan karakter bangsa
Kreatif
Rasa ingin tahu
Gemar membaca
Mandiri

V.                  Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan   :   Motivasi dan Diskusi

Kegiatan Inti   : Menjelaskan Materi Pembelajaran dengan media
                        presentasi
      Melakukan Praktek Laut Kunjungan ke Pantai Bagus
      (pengambilan sampel sebagai smulasi teknik kultur)
Membuat media kultur dan teknik inokulasi plankton ke dalam media kultur

Penutup     :     Tanya Jawab
                                          Pengisian Lembar Kerja
                                          Post test


VI.                Alat/Bahan/Sumber Belajar
a.      Alat dan Bahan
Buku Pakan Alami dan Plankton
Laptop, layar sebagai media presentasi
      Peralatan Praktek Laut
      Peralatan dan Bahan Analisa Laboratorium

b.      Sumber Belajar
Gusrina. 2008. Budidaya ikan Jilid  2.  Dikdasmen. PT Macanan
      Jaya Cemerlang

VII.              Penilaian

A.Teknik Penilaian
  • Kognitif            : post test
  • Afektif             : Tanya jawab
  • Psikomotorik   :  Kegiatan Praktek Laut dan Analisa di Laboratorium (LKS)


B. Bentuk Instrumen   :           Essay Berstruktur

C. Soal / Instrumen     :
1)      Bagaimana persiapan (proses sterilisasi) peralatan budidaya semi masal skeletonema costatum dalam wadah 3 Liter dan 12 Liter?
Jawaban :
Peralatan yang akan digunakan dibersihkan menggunakan sikat dan di desinfektan untuk menghindari terjadinya kontaminasi.  Peralatan skala laboratorium disterilisasi dengan alat autoclave.
Skor : 20
2)      Bagaimana persiapan air media dalam budidaya semi masal skeletonema costatum dalam wadah 3 Liter dan 12 Liter?
Jawaban :
Dengan cara perebusan selama 10 menit dengan menambahkan sinar ultraviolet atau dengan ozonisasi, penyaringan dengan plankton net ukuran 15 mikron atau pemberian larutan clorine 60 ppm kemudian diaduk dan dinetralkan dengan natrium tiosulfat 20 ppm.
Skor : 20

3)      Faktor-Faktor apa saja yang mempengaruhi pertumbuhan skeletonema costatum yang dibudidyakan pada skla semi masal dalam wadah berukuran 3 Liter dan 12 Liter?
Jawaban

4)      Bagaimana Proses Pemupukan dalam Proses Budidaya Semi Masal skeletonema costatum dalam wadah berukuran 3 Liter dan 12 Liter?
5)      Bagaimanakah indikator keberhasilan Proses Budidaya Semi Masal Skeletonema costatum dalam wadah berukuran 3 Liter dan 12 Liter? 

D. Skor Penilaian : Masing2 soal mempunyai bobot penilaian 20.

E.Nilai Akhir : 5 X 20 = 100


























LEMBAR KERJA SISWA 2

Standar Kompetensi                       :  Membudidayakan Pakan Alami
Kompetensi Dasar                           :  Membuat kultur semi massal
Kelompok                                           :
Nama anggota                                   :

I.                    Tujuan
 Peserta didik dapat mengkultur skeletonema coatatum pada media 12 liter

II.                  Prasyarat
Peserta didik memiliki buku budidaya ikan jilid II sebagai referensi

III.                Alat dan bahan
-          Bibit skeletonema costatum
-          Air laut
-          Pupuk NPK
-          Instalasi aerasi
-          Akuarium
IV.                Metoda
1.       Peserta didik dibagi dalam 5 kelompok kerja
2.       Masing-masing kelompok kerja membersihkan akuarium yang akan digunakan dan memasang instalasi aerasi
3.       Masing-masing kelompok menuangkan 10 liter air laut kedalam akuarium
4.       Masing-masing kelompok menimbang pupuk NPK sebanyak 50 gram kemudian melarutkannya dalam 1 liter air
5.       Masing-masing kelompok menuangkan larutan pupuk kedalam akuarium
6.       Masing-masing kelompok menakar 2 liter bibit skeletonema costatum dan menuangkan bibit skeletonema costatum kedalam akuarium
7.       Instalasi aerasi dipasang dan diatur supaya aerasi tidak terlalu kuat
8.       Kultur skeletonema costatum selama 24 jam
9.       Panen skeletonema costatum dengan cara mematikan instalasi aerasi dan mengalirkan air dalam akuarium melalui selang yag ujung selangnya dipasang sketo bag
10.   Skeletonema costatum yang telah dipanen diamati melalui miksroskop
11.   Skeletonema costatum digambar pada laporan LKS












V.                  Hasil Dan Pembahasan

DATA PENGAMATAN :

Keterangan
Beri tanda chek list (V)
ya
tidak
Alat yang digunakan sesuai dengan prosedur


Metode yang dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan


Plankton telah dikultur sesuai prosedur


Plankton dipanen sesuai prosdur


Plankton diamati dan di gambar pada laporan LKS



Pedoman Penilaian :
Aspek yang dinilai
Kriteria
Nilai
Hasil Kerja
B/C/K

Kedispilan


Kekompakan


Tanggung jawab


Kebersihan


Kerapihan


Nilai Rata-rata


VI.                Keterangan Nilai :
Baik                = 80 – 90
Gukup          = 70 – 79
Kurang          = < 69




Kalianda, 12 Juli 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 2 Kalianda                                 Guru Bidang Studi


Elita Sari,S.T,M.T                                                       Slamet Novianto, S.Pi, M.Si
NIP 19661230 200003 2 003                                    






Logo Lampung Selatan Baru
PEMERINTAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KALIANDA
LOGO BARU SMK N 2 KLD
PROGRAM STUDI AGRIBISNIS PRODUKSI SUMBERDAYA PERAIRAN

LAMPIRAN C
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN (RPP)
F.IK.7.5.1.b.-03

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran           : Pakan Alami
Tingkat/Semester       :  X/1 dan 2
Standar Kompetensi    :  Membudidayakan Pakan Alami
Kompetensi Dasar       :  Membuat kultur massal
Indikator                      : -Media tempat tumbuh pakan alami dipelajari sesuai
                                       buku manual yang berlaku
  -Volume dan jenis pakan alami didemonstasikan sesuai
   kebutuhan pemeliharaan larva
  -Pakan alami dikultur secara massal sesuai prosedur yang
   berlaku
Alokasi Waktu             :  4,25 pekan (17 jam) @45 menit

I.                     Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat           :
  • Membuat kultur skeletonema costatum dalam wadah berukuran 200 L
  • Membuat kultur skeletonema costatum dalam wadah berukuran 1 Ton
  • Memahami Jenis, dosis, dan cara pemupukan kultur masal

II.                  Materi pembelajaran
Teknik Budidaya Masal Skeletonema costatum dalam wadah 200 L
Teknik Budidaya Masal Skeletonema costatum dalam wadah 1 Ton
Jenis, dosis, dan cara pemupukan kultur masal

III.                Metode Pembelajaran
Ceramah
Presentasi
Diskusi / Tanya Jawab
Kunjungan Industri

IV.                Pendidikan budaya dan karakter bangsa
Kreatif
Rasa ingin tahu
Gemar membaca
Mandiri
V.                  Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan   :   Motivasi dan Diskusi

Kegiatan Inti   : Menjelaskan Materi Pembelajaran dengan media
                        Presentasi
Mengkultur Skeletonema costatum dalam wadah bervolume 200 Liter dan 1 Ton

Penutup     :     Tanya Jawab
                                          Pengisian Lembar Kerja
                                          Post test


VI.                Alat/Bahan/Sumber Belajar
  1. Alat dan Bahan
Buku Pakan Alami dan Plankton
            Laptop, layar sebagai media presentasi

  1. Sumber belajar
Gusrina. 2008. Budidaya ikan Jilid  2.  Dikdasmen. PT Macanan
      Jaya Cemerlang

VIII.            Penilaian

A.Teknik Penilaian
  • Kognitif            : post test
  • Afektif             : Tanya jawab
  • Psikomotorik   :  Kunjungan industri

B. Bentuk Instrumen   : Essay Berstruktur

C. Soal / Instrumen     :
1)      Bagaimana persiapan (proses sterilisasi) peralatan budidaya masal skeletonema costatum dalam wadah 200 Liter dan 1 Ton?
Jawaban :
Bak yang akan digunakan disikat menggunakan sikat kasar untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada dinding bak kemudian dibilas dengan air bersih dan di desinfektan menggunakan chlorine 50 ppm, selanjutnya dibilas kembali menggunakan air bersih untuk menghilangkan bau chlorine.
Skor : 20

2)      Bagaimana persiapan air media dalam budidaya masal skeletonema costatum dalam wadah 200 Liter dan 1 Ton?
Jawaban :
Air alut yang telah disedot dari laut menggunakan pompa diendapkan pada bak tandon setelah disaring terlebih dahulu agar pasir, organism (telur ubur-ubur) dan kotoran tidak terbawa, selanjutnya air didalam bak tandon di desinfektan dengan kapur chlorine 100 ppm dan dinetralisir dengan na-tiosulfat 50 ppm, kemudian air di bak tandon diaerasi.
Skor : 20

3)      Faktor-Faktor apa saja yang mempengaruhi pertumbuhan skeletonema costatum yang dibudidyakan pada skala masal dalam wadah berukuran 200 Liter dan 1 Ton?
Jawaban :
1.      Ketersediaan dan kualitas bibit skeletonema costatum yang akan dikultur
2.      Cahaya matahari yang mencukupi
3.      Persiapan alat dan bahan yang sesuai standar operasional
Skor : 20

4)      Bagaimana Proses Pemupukan dalam Proses Budidaya Masal skeletonema costatum dalam wadah berukuran 200 Liter dan 1 Ton?
Jawaban :
            Untuk wadah berukuran 200 liter pupuk yang digunakan adalah Urea-46 - 100
                mg/liter, Pupuk 16-20-0 = 5 mg/liter, Kalium hidrofosfat- K2HPO4  5 mg/liter atau
                Kalium dihidrofosfat- K2H2PO4  5mg/liter,Agrimin = 1 mg/liter, Besi klorida, FeCl3                        = 2 mg/liter .  Untuk ukuran 1 ton pupuk yang digunakan adalah urea 60–100               mg/ liter dan TSP 20–50 mg/liter.
            Skor : 20

5)      Bagaimanakah indikator keberhasilan Proses Budidaya Masal Skeletonema costatum dalam wadah berukuran 200 Liter dan 1 Ton? 
Jawaban :
Setelah dikultur selama 24 jam terjadi perubahan warna media menjadi lebih pekat dari sebelumnya
Skor : 20



D. Skor Penilaian : Masing2 soal mempunyai bobot penilaian 20.

E. Nilai Akhir : 5 X 20 = 100







LEMBAR KERJA SISWA 3

Standar Kompetensi                       :  Membudidayakan Pakan Alami
Kompetensi Dasar                           :  Membuat kultur massal skeletonema costatum
Kelompok                                           :
Nama anggota                                   :

I.                    Tujuan
 Peserta didik dapat memahami cara kultur massal  skeletonema coatatum

II.                  Prasyarat
Peserta didik mengikuti kunjungan indutri pada hatchery yang dituju

III.                Alat dan bahan
-          Kertas laporan kunjungan industri
IV.                Metoda
1.       Peserta didik dibagi dalam 5 kelompok kerja
2.       Peserta didik mendengarkan arahan dari instruktur mengenai kultur missal skeletonema costatum
3.       Setiap peserta didik membuat ringkasan dari uraian tersebut
4.       Setiap peserta didik mengumpulkan ringkasan 

V.                  Hasil Dan Pembahasan

Pedoman Penilaian :
Aspek yang dinilai
Kriteria
Nilai
Hasil Kerja/ringkasan
B/C/K

Kedispilan


Kekompakan


Tanggung jawab


Kebersihan


Kerapihan


Nilai Rata-rata


Keterangan Nilai :
Baik                = 80 – 90
Gukup          = 70 – 79
Kurang          = < 69


Kalianda, 12 Juli 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 2 Kalianda                                 Guru Bidang Studi


Elita Sari,S.T,M.T                                                       Slamet Novianto, S.Pi, M.Si
NIP 19661230 200003 2 003                                    
Logo Lampung Selatan Baru
PEMERINTAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KALIANDA
LOGO BARU SMK N 2 KLD
PROGRAM STUDI AGRIBISNIS PRODUKSI SUMBERDAYA PERAIRAN

LAMPIRAN C
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN (RPP)
F.IK.7.5.1.b.-03


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran           :  Pakan Alami
Tingkat/Semester       :  X/1 dan 2
Standar Kompetensi    :  Membudidayakan Pakan Alami
Kompetensi Dasar       :  Menghitung sel pakan alami
Indikator                      :  Sel pakan dapat dihitung sesuai prosedur
Alokasi Waktu             :  4 pekan (16 jam) @45 menit


I.                     Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat           :
  • Menggunakan Haemacetometer
  • Menghitung sel pakan alami

II.                  Materi pembelajaran
Cara penggunaan haemacetometer
Menghitung sel pakan alami dengan haemacetometer

III.                Metode Pembelajaran
Ceramah
Presentasi
Diskusi / Tanya Jawab
Praktikum

IV.                Pendidikan budaya dan karakter bangsa
Kreatif
Rasa ingin tahu
Gemar membaca
Mandiri





V.                  Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan   :   Motivasi dan Diskusi

Kegiatan Inti   : Menjelaskan Materi Pembelajaran dengan media
                        Presentasi
Menghitung sel pakan alami dengan haemacetometer

Penutup     :     Tanya Jawab
                                          Pengisian Lembar Kerja
                                          Post test

VI.                Alat/Bahan/Sumber Belajar
a.      Alat dan Bahan
Bibit plankton
Haemocytometer
mikroskop
pipet tetes

b.      Sumber belajar
Gusrina. 2008. Budidaya ikan Jilid  2.  Dikdasmen. PT Macanan
      Jaya Cemerlang

VII.              Penilaian

A.Teknik Penilaian
  • Kognitif            : post test
  • Afektif             : Tanya jawab
  • Psikomotorik   :  Kegiatan praktek (LKS)

B. Bentuk Instrumen   : Essay Berstruktur

C. Soal / Instrumen     :
1. Apa yang kamu ketahui tentang haemacetometer?
Jawaban :
Haemocytometer adalah alat yang digunakan untuk menghitung jumlah sel plankton
Skor : 20

2.Bagaimana prinsip kerja haemacetometer?
Jawaban :





Teteskan alga di atas permukaan gelas preparat di bagian tengah,
kemudian tutup dengan gelas penutup. Air akan menutupi permukaan gelas yang bergaris. Luas permukaan yang bergaris adalah 1 mm persegi dan tinggi atau jarak cairan alga antara permukaan gelas bagian tengah dan gelas penutup juga diketahui yaitu 0,1 mm maka volume air di atas permukaan bergaris sama dengan 1 mm2 × 0,1 mm = 0,1 mm3 (0,0001 cm3).

3.Bagaimana Langkah-Langkah Kerja Menghitung Sel Pakan Alami dengan
   Menggunakan haemacetometer?
         Jawaban :
         Hitunglah jumlah plankton yang terdapat dalam kotak dan lakukan  
         perhitungan berikut. Jika dihitung dalam 400 kotak:
jumlah sel × 10.000/ml
         Jika dihitung hanya beberapa kotak:
rata-rata jumlah sel/kotak × 400 kotak × 10.000/ml
        Skor : 20

D. Skor Penilaian : Masing2 soal mempunyai bobot penilaian 20.

E. Nilai Akhir : 5 X 20 = 100


LEMBAR KERJA SISWA 4


Standar Kompetensi                       :  Membudidayakan Pakan Alami
Kompetensi Dasar                           :  Menghitung sel pakan alami
Kelompok                                           :
Nama anggota                                   :

i.                     Tujuan
 Peserta didik dapat menghitung sel pakan alami

II.                  Prasyarat
 Peserta didik memiliki buku budidaya ikan jilid II sebagai referensi

III.                Alat dan bahan
-          Bibit plankton
-          Haemocytometer
-          Pipet tetes
-          mikroskop
IV.                Metoda
1.       Peserta didik dibagi dalam 5 kelompok kerja
2.       Masing-masing kelompok menyiapkan alat dan bahan yang telah disiapkan
3.       Masing-masing kelompok meneteskan plankton di atas permukaan gelas preparat di bagian tengah
4.       kemudian tutup dengan gelas penutup. Air akan menutupi permukaan gelas yang bergaris. Luas permukaan yang bergaris adalah 1 mm persegi dan tinggi atau jarak cairan alga antara permukaan gelas bagian tengah dan gelas penutup juga diketahui yaitu 0,1 mm maka volume air di atas permukaan bergaris sama dengan 1 mm2 × 0,1 mm = 0,1 mm3 (0,0001 cm3)
5.       hitung jumlah sel pada setiap kotaknya kemudian masukkan ke dalam rumus
Jika dihitung dalam 400 kotak:
jumlah sel × 10.000/ml
                  Jika dihitung hanya beberapa kotak:
rata-rata jumlah sel/kotak × 400 kotak × 10.000/ml


V.                  Hasil Dan Pembahasan

Jumlah Plankton = ……….sel

Pedoman Penilaian :
Aspek yang dinilai
Kriteria
Nilai
Hasil Kerja
B/C/K

Kedispilan


Kekompakan


Tanggung jawab


Kebersihan


Kerapihan


Nilai Rata-rata


Keterangan Nilai :
Baik                = 80 – 90
Gukup          = 70 – 79
Kurang          = < 69



Kalianda, 12 Juli 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 2 Kalianda                                 Guru Bidang Studi


Elita Sari,S.T,M.T                                                       Slamet Novianto, S.Pi, M.Si
NIP 19661230 200003 2 003                                    



Tidak ada komentar:

Posting Komentar